Sejarah Penulisan Hadits
II. Pengumpulan hadits
III. Pembukuan hadits
1. Ummat yang mengamalkan hadits tersebut.
2. Hafalan (Hifzh) dan tulisan (kitâbah)
3. Meriwayatkan dan mengajarkan hadits dalam halaqoh dan dars.Dengan menggunakan metode-metode ini, pengumpulan, tadwîn (penghimpunan), pengklasifikasian, tabwîb (formasi) dan penulisan hadits dapat diklasifikasikan dalam empat empat periode, yaitu :
Perinciannya adalah sebagai berikut :
Penghafal Hadîts Terkenal
A. Kalangan Shahâbah :
1. Abū Hurayrah (‘Abdurrahmân) Radhîyallôhu ‘anhu, beliau wafat tahun 59 H pada usia 78 tahun. Beliau meriwayatkan 5374 hadits. Murid beliau berjumlah hampir 800 orang.
2. ‘Abdullôh bin ‘Abbâs Radhîyallôhu ‘anhu, beliau wafat tahun 68 pada usia 71 tahun. Beliau meriwayatkan 2660 hadîts.
3. ‘Ậ`isyah ash-Shiddîqah Radhîyallôhu ‘anhâ, beliau wafat tahun 58 pada usia 67 tahun. Beliau meriwayatkan 2210 hadîts.
4. ‘Abdullôh bin ‘Umar Radhîyallôhu ‘anhu, beliau wafat tahun 73 pada usia 84 tahun. Beliau meriwayatkan 1630 hadîts.
5. Jâbir bin ‘Abdullôh Radhîyallôhu ‘anhu, wafat tahun 78 pada usia 94 tahun. Beliau meriwayatkan 1560 hadîts
6. Anas bin Mâlik Radhîyallôhu ‘anhu, wafat tahun 93 pada usia 103 tahun. Beliau meriwayatkan 1286 hadîts
7. Abū Sa’îd al-Khudrî Radhîyallôhu ‘anhu, wafat tahun 74 pada usia 84 tahun. Beliau meriwayatkan 1170 hadîts
Mereka semua diatas ini termasuk para sahabat yang menghafalkan hadîts lebih dari 1000
8. ‘Abdullôh bin ‘Amr bin ‘Ash Radhîyallôhu ‘anhu (w. 63H)
9. ‘Alî bin Abî Thâlib Radhîyallôhu ‘anhu (w. 40H)
10. ‘Umar ibn al-Khaththâb Radhîyallôhu ‘anhu (w. 33H)
Ketiga sahabat ini termasuk yang menghafalkan hadîts antara 500 sampai 1000 hadîts
11. Abū Bakr ash-Shiddîq Radhîyallôhu ‘anhu (w. 13H)
12. ‘Utsmân bin ‘Affân Dzūn Nūr’ayni Radhîyallôhu ‘anhu (w. 36H)
13. Ummu Salamah Radhîyallôhu ‘anhâ (w. 59H)
14. Abū Mūsâ al-Asy’arî Radhîyallôhu ‘anhu (w. 52H)
15. Abū Dzarr al-Ghifârî Radhîyallôhu ‘anhu (w. 32H)
16. Abū ‘Ayyūb al-Anshârî Radhîyallôhu ‘anhu (w. 51H)
17. ‘Ubay bin Ka’ab Radhîyallôhu ‘anhu (w. 19H)
18. Mu’âdz bin Jabal Radhîyallôhu ‘anhu (w. 81H)
Mereka semua ini termasuk sahabat yang meriwayatkan lebih dari 100 hadîts namun kurang dari 500.
B. Kalangan Tâbi’în :
Kita tidak dapat melupakan para Tâbi’în senior, setelah perjuangan mereka yang tidak ada hentinya, mengumpulkan harta berharga Sunnah, sehingga Ummat Muhammad Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam dapat diperkaya dengan khazanah sunnah tersebut untuk selamanya. Diantara mereka adalah :
1. Sa’îd ibn al-Musayyib
Beliau dilahirkan pada tahun kedua di zaman berkuasanya ‘Umar Radhîyallôhu ‘anhu di Madînah dan meninggal pada tahun 105 H. Beliau mempelajari hadits dan seluk beluk ilmunya dari ‘Utsmân, ‘Ậ`isyah, Abū Hurayrah dan Zayd bin Tsâbit Radhîyallôhu ‘anhum.
2. ‘Urwah bin Zubayr
Beliau adalah diantara orang yang dianggap paling berilmu dari Madînah. Beliau merupakan kemenakan dari ’Ậ`isyah Radhîyallôhu ‘anhâ dan paling banyak meriwayatkan dari bibinya tersebut. Beliau memiliki fadhîlah karena menjadi murid Abū Hurayrah Radhîyallôhu ‘anhu dan Zayd bin Tsâbit Radhîyallôhu ‘anhu. Shâlih bin Kîsan dan Imâm az-Zuhrî adalah diantara murid beliau yang terkenal. Beliau meninggal dunia pada tahun 94H.
3. Sâlim bin ‘Abdillâh bin ‘Umar
Beliau adalah diantara tujuh qâdhî (hakim) terkenal di Madînah. Beliau mempelajari hadîts dari ayahnya, ’Abdullôh bin ’Umar Radhîyallôhu ‘anhu dan sahabat lainnya. Nâfi’, az-Zuhrî dan banyak ulamâ` tâbi’în lainnya adalah murid beliau.
4. Nâfi’
Beliau adalah mawla (mantan budak) ‘Abdullôh bin ‘Umar Radhîyallôhu ‘anhu dan murid utamanya. Beliau adalah gurunya Imâm Mâlik Rahimahullôh. Riwayat Mâlik dari Nâfi’ dari ‘Abdullôh bin ‘Umar dari Rasulullôh Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam merupakan rantai sanad emas menurut para ‘ulamâ` hadîts. Beliau wafat pada tahun 117.
Karya Tulis Pada Periode Pertama
1. Shahîfah ash-Shâdiqah
Shahifah ini dinisbatkan kepada ‘Abdullôh bin ‘Amr bin ‘Ash (w. 63H pada usia 77 tahun). Beliau memiliki kecintaan yang sangat besar di dalam menulis dan mencatat. Apa saja yang beliau dengar dari Nabi Muhammad Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam akan segera beliau catat. Beliau secara pribadi mendapatkan izin khusus dari Nabi Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam. Risalah beliau ini terdiri dari sekitar 1000 hadits. Risalah ini tetap dijaga dan dipelihara oleh keluarga beliau dalam waktu yang lama. Semua isi risalah ini dapat ditemukan di dalam Musnad Imâm Ahmad Rahimahullôh.
2. Shahîfah ash-Shahîhah
Shahifah ini dinisbatkan kepada Humâm bin Munabbih (w. 101H). Beliau termasuk murid terkenal Abū Hurayrah Radhiyallôhu ‘anhu. Beliau menuliskan semua hadits dari gurunya. Salinan manuskrip ini masih tersedia di Perpustakaan Berlin di Jerman dan di Perpustakaan Damaskus (Suriah).
Imâm Ahmad bin Hanbal Rahimahullôh telah mengkategorisasikan semua isi Shahîfah ini di dalam Musnad-nya di bawah bab riwayat Abū Hurayrah Radhiyallôhu ‘anhu. Risalah ini, setelah upaya tahqîq mengagumkan yang dilakukan oleh Dr. Hamîdullâh, telah dicetak dan didistribusikan di Hyderabad (Deccan).
Risalah ini mengandung 138 riwayat. Shâhifah ini, merupakan bagian (juz`) dari hadits yang diriwayatkan dari Abū Hurayrah dan mayoritas riwayat-riwayatnya terdapat di dalam Bukhârî dan Muslim, yang kata-kata dalam hadits-nya hampir sama semua dan tidak ada perbedaan mencolok.
3. Shahîfah Basyîr bin Nahîk
Beliau adalah murid Abū Hurayrah Radhiyallôhu ‘anhu. Beliau juga mengumpulkan dan menulis sebuah risalah hadits yang beliau bacakan kepada Abū Hurayrah Radhiyallôhu ‘anhu, sebelum mereka meninggal dunia beliau telah memeriksanya.
4. Musnad Abū Hurayrah Radhiyallôhu ‘anhu
Musnad ini ditulis selama masa sahabat. Salinan Musnad ini ada pada ayahanda ‘Umar bin ‘Abdil ‘Azîz Radhiyallôhu ‘anhu, yaitu ‘Abdul ‘Azîz bin Marwân, seorang Gubernur Mesir yang meninggal pada tahun 86H.
Beliau menulis kepada Katsîr bin Murrah memerintahkannya untuk menulis semua hadîts yang didengarnya dari para sahabat lalu mengirimkannya kepadanya. Di dalam surat perintahnya ini, beliau mengatakan pada Katsîr tidak perlu mengirimkan hadits riwayat Abū Hurayrah, karena beliau telah memilikinya.
Musnad Abū Hurayrah Radhiyallôhu ‘anhu ini ditulis kembali dalam bentuk tulisan tangan oleh Ibnu Taymîyah Rahimahullôh, dan tulisan tangan ini masih tersedia di Perpustakaan Jerman.
5. Shahîfah ‘Alî Radhiyallôhu ‘anhu
Kita dapati dari penelitian Imâm Bukhârî bahwa Shahîfah ini cukup besar dan di dalamnya berisi masalah zakât, ‘amalîyah yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan di Madînah, Khuthbah Hajjatil Waddâ’ dan petunjuk-petunjuk Islâmî
6. Khutbah Terakhir Nabi Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam
Pada Fathul Makkah (Penaklukan Kota Makkah), Nabi Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam memerintahkan Abū Syah Yamanî Radhiyallôhu ‘anhu untuk menuliskan khutbah terakhir beliau.
7. Shahîfah Jâbir Radhiyallôhu ‘anhu
Murid beliau, Wahb bin Munabbih (w. 110H) dan Sulaymân bin Qays al-Asykarî, menghimpun riwayat Jâbir Radhiyallôhu ‘anhu. Di dalamnya, mereka menuliskan permasalahan haji dan Khuthbah Hajjatul Waddâ’.
8. Riwayat ‘Ậ`isyah ash-Shiddîqah Radhiyallôhu ‘anhâ
Riwayat ‘Ậ`isyah ash-Shiddîqah Radhiyallôhu ‘anhâ ditulis oleh murid beliau, ‘Urwah bin Zubayr.
9. Hadits Ibnu ‘Abbâs Radhiyallôhu ‘anhu
Ada cukup banyak kompilasi hadits Ibnu ‘Abbâs Radhiyallôhu ‘anhu. Sa’îd bin Jubair diantara yang menghimpun hadits beliau
10. Shahîfah Anas bin Mâlik Radhiyallôhu ‘anhu
Sa’îd bin Hilâl meriwayatkan bahwa Anas bin Mâlik Radhiyallôhu ‘anhu akan menyebutkan semua hadîts yang beliau tulis dengan ingatan/hafalan. Ketika menunjukkan kepada kami, beliau mengatakan :
“Saya mendengarkan langsung riwayat ini dari Rasūlullôh Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam, saya akan menuliskannya dan membacanya kembali di hadapan Rasūlullôh Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam sehingga beliau menyetujuinya
11. ‘Amru bin Hazm Radhiyallôhu ‘anhu
Ketika beliau diangkat menjadi Gubernur dan dikirim ke Yaman, beliau diberi perintah dan petunjuk tertulis. Beliau tidak hanya menjaga petunjuk tersebut, namun beliau juga menambahkan 21 perintah Rasūlullôh Shallâllâhu ‘alayhi wa Sallam dan beliau jadikan dalam bentuk buku.
12. Risâlah Samūroh bin Jundub Radhiyallôhu ‘anhu
Risâlah ini diberikan kepada putera beliau dalam bentuk sebuah wasiat. Risalah ini adalah ‘harta’ yang sangat berharga.
13. Sa’ad bin ‘Ubâdah Radhiyallôhu ‘anhu
Beliau telah mengetahui bagaimana cara membaca dan menulis semenjak zaman Jâhilîyah.
14. Maktūb Nâfi’ Radhiyallôhu ‘anhu
Sulaymân bin Mūsâ meriwayatkan bahwa ‘Abdullôh bin ‘Umar Radhiyallôhu ‘anhu mendiktekan hadîts sedangkan Nâfi’ menulisnya.
15. ‘Abdullôh bin Mas’ūd Radhiyallôhu ‘anhu
Ma’an meriwayatkan bahwa ‘Abdurrahmân bin ‘Abdullôh bin Mas’ūd mengeluarkan sebuah buku, ketika beliau membuka penutup buku tersebut, beliau berkata : “Ayahku yang menulis ini Apabila penelitian ini dilanjutkan dengan menyebutkan jumlah contoh-contoh lainnya, niscaya jumlahnya akan terlalu besar.
Selama periode pertama ini, para sahabat Radhiyallôhu ‘anhum dan ulamâ` Tâbi’în besar, lebih menfokuskan menggunakan hafalan mereka dari pada menulis. Pada periode kedualah, pengumpulan hadits (dalam bentuk buku) bermula.
16. Shohifah Abu Bakar As Sidiq (Lembaran Abu Bakar As Siddiq)
Di riwayatkan dari Anas Bin Malik Sesungguhnya Abu Bakar pernah mengutusnya untuk mengambil sedekah dari kaum muslimin, dan menuliskan di lembaran tersebut faraid Sedekah dan disana juga terdapat cap cincin Rasulullah
II. Pengumpulan hadits
Periode Kedua
Periode kedua dimulai dari sekitar pertengahan abad kedua hijrîyah. Selama periode ini, sejumlah besar tâbi’în mulai menghimpun karya mereka dalam bentuk buku.
1. Muhammad bin Syihâb az-Zuhrî Rahimahullôh (w. 124H)
Beliau dianggap sebagai ‘ulamâ` hadîts terbesar di zamannya. Beliau menimba ilmu dari orang-orang besar.
Diantara kalangan sahabat radhiyallôhu ‘anhum ajma’îin yang menjadi gurunya adalah:
• Abdullôh bin ‘Umar Radhiyallôhu ‘anhu
• Anas bin Mâlik Radhiyallôhu ‘anhu, dan
• Sahl bin Sa’ad Radhiyallôhu ‘anhu.
Diantara Tâbi’în yang menjadi gurunya adalah :
• Sa’îd ibn al-Musayyib Rahimahullôh
• Mahmūd bin Rabî’ah Rahimahullôh
Diantara murid beliau adalah :
• Imâm al-Awzâ’î Rahimahullôh (w. 167H).
• Imâm Mâlik Rahimahullôh (w. 179H), dan
• Sufyân bin ‘Uyainah Rahimahullôh (w. 168H).
Murid-murid beliau termasuk imâm-imâm hadîts terbesar.
Pada tahun 101H, beliau diperintahkan oleh ‘Umar bin ‘Abdil ‘Azîz Rahimahullôh untuk mengumpulkan dan menghimpun hadîts.
Selain itu juga, ‘Umar bin ‘Abdil ‘Azîz Rahimahullôh memberikan perintah kepada Gubernur Madînah, Abū Bakr Muhammad bin ‘Amrū bin Hazm untuk menuliskan semua hadits yang dimiliki oleh ‘Umrah bintu ‘Abdirrahmân dan Qâsim bin Muhammad.
Ketika ‘Umar bin ‘Abdil ‘Azîz Rahimahullôh memerintahkan semua orang yang bertanggung jawab di negara Islam untuk mengumpulkan hadits, kumpulan itu berbentuk sebuah buku. Ketika mereka sampai ke ibukota Damaskus, salinan kopi buku tersebut dikirimkan ke semua penjuru negeri Islam. Setelah Imâm az-Zuhrî Rahimahullôh mulai mengumpulkan hadits, ahli ‘ilmu lainnya mulai turut bergabung dengan beliau, yang terutama diantara mereka adalah :
2. Abdul Mâlik bin Juraij Rahimahullôh (w. 150H) di Makkah
3. Imâm al-Awzâ’î Rahimahullôh (w. 157H) di Syâm (Suriah)
4. Mu’ammar bin Râsyid Rahimahullôh (w/ 153H) di Yaman
5. Imâm Sufyân ats-Tsaurî Rahimahullôh (w. 161H) di Kūfah
6. Imam Hammâd bin Salamah Rahimahullôh (w. 167H) di Bashrâ
7. Abdullôh ibn al-Mubârok Rahimahullôh (w. 181H) di Khurosân,
8. Mâlik bin Anas Rahimahullôh (93-179H)
Imâm Mâlik memiliki kedudukan di dalam mengajarkan hadîts di Madînah setelah Imâm az-Zuhrî. Beliau menimba ilmu dari Imâm az-Zuhrî, Imâm Nâfi’ dan ulamâ` besar lainnya. Murid beliau mencapai 900 orang dan pelajaran beliau menyebar sampai ke Hijâz, Syâm, Palestina, Mesir, Afrika dan Andalusia (Spanyol). Diantara murid-murid beliau adalah :
• Laits bin Sa’ad Rahimahullôh (w. 175H).
• ’Abdullôh ibn al-Mubârok Rahimahullôh (w. 181H).
• Imâm asy-Syâfi’î Rahimahullôh (w. 204H)
• Imâm Muhammad bin Hasan asy-Syaibânî Rahimahullôh (w. 189H).
Karya Tulis Pada Periode Kedua
1. Muwaththo` Imâm Mâlik
Selama rentang waktu ini, sejumlah buku hadîts telah disusun, Muwaththo` memiliki kedudukan tersendiri pada periode ini. Buku ini ditulis antara tahun 130H sampai 141H. Buku ini memiliki kurang lebih 1.720 hadits, dimana :
• 600 hadîts-nya marfū’ (terangkat sampai kepada Nabi Shallâllâhu ’alayhi wa Sallam).
• 222 hadîts-nya mursal (adanya perawi sahabat yang digugurkan)
• 617 hadîts-nya mauquf (terhenti sampai kepada tâbi’î)
• 275 sisanya adalah ucapan tâbi’ūn.
2. Jâmi’ Sufyân ats-Tsaurî (w. 161H).
3. Jâmi’ ’Abdullôh ibn al-Mubârok (w. 181H).
4. Jâmi’ Imâm al-Auzâ’î (w. 157H).
5. Jâmi’ Ibnu Juraij (w. 150H).
6. Kitâbul Akhrâj karya Qâdhî Abū Yūsuf (w. 182H).
Pada rentang periode dua inilah, ahadits Nabîyullôh Shallâllâhu ’alayhi wa Sallam, âtsâr para sahabat dan fatâwâ para tâbi’în dihimpun beserta syarh (penjelasan) tertentu dari ucapan sahabat, tâbi’în atau hadîts Nabî Shallâllâhu ’alayhi wa Sallam.
III. Pembukuan hadits
Periode Ketiga
Periode ini dimulai dari abad kedua hijrîyah sampai akhir abad keempat hijrîyah.
Karakteristik Periode ini :
1. Hadits Nabi, âtsâr sahabat dan aqwâl (ucapan) tâbi’în dikategorisasikan, dipisahkan dan dibedakan.
2. Riwayat yang maqbūlah (diterima) dihimpun secara terpisah dan buku-buku pada abad kedua diperiksa kembali dan di-tashhîh (diautentikasi).
3. Selama periode ini, bukan hanya riwayat yang dikumpulkan, namun untuk memelihara dan menjaga hadîts, para ulamâ menformulasikan ilmu yang berkaitan dengan hadîts (lebih dari 100 ilmu) dimana ribuan buku mengenai ini telah ditulis.
Pada abad kedua sampai ke empat hijriah setelah pengumpulan hadist di zaman Imam Zuhri rampung, tibalah masa keemasan dalam upaya Pengumpulan & Pembukuan Sunnah, di abad ini kitab hadist hadist tersebar dengan banyak jenisnya sesuai dengan cara dan tujuan penulisnya, seperti :
1. Muwatho’, yang mengumpulkan hadist Nabi, perkataan sahabat, dan fatwa para tabiin di dalam satu kitab dan meletakkan nya sesuai dengan tema hadist tersebut, ditambah dengan sedikit penjelasan dari sang penulis seperti kitab Muwatho Imam Malik.
2. Mushonafat, yang juga mengumpulkan hadist dan banyak dari mauqufat (Perkataan sahabat) lalu di masukkan ke dalam bab tertentu, mislanya hadist hadist yang bertemakan tentang wudhu, mandi, air dan yang semisalnya maka hadist bertemakan seperti ini di masukkan ke dalam bab Thaharah. Kitab mushonaf Abdrurazzaq dan Mushonaf Ibn Abi Syaibah merupakan contoh dalam jenis ini.
3. Musnad, jenis kitab ini berisikan hadist hadist yang di susun sesuai dengan nama para sahabat yang meriwayatkan nya. Kitab jenis ini memudahkan seseorang untuk menemukan hadist dari salah seorang sahabat. Misalnya, jika seseorang ingin mencari hadist hadist yang di riwayatkan Ali bin Abi Tholib maka ia akan dapatkan di bab Ali Bin Abi tholib, hadist yang di riwaytkan dari jalur Ali Bin Abi tholib. Dan
Musnad Imam Ahmad, adalah kitab yang terbaik di jenis ini.
4. Jami’, yang berarti mengumpulkan,sesuai namanya kitab jenis ini mengumpulkan semua hadist dari semua cabang ilmu agama, tidak terbatas oleh hadist fikih saja. Mulai dari hadist yang berkaitan dengan akidah, fikih, fitnah akhir zaman, tanda-tanda kiamat, sejarah, peperangan, adab, zuhud, raqaiq. Kitab jenis ini yang paling terkenal adalah kitab Shohih Al Bukhari, dan Shohih Muslim.
5. Mustadrak, kitab jenis memuat hadist hadsit yang tidak terdapat di kitab kitab lain, atau terlewat, atau tidak di masukkan karena kelemahan sanadnya. Seperti kitab Mustadrok ala Sohihain karya Imam Hakim. Kitab itu memuat hadist hadist yang sesuai syarat dan kriteria di Kitab Shohih Bukhari dan Shohih Muslim yang tidak di dimasukkan ke dalam dua kitab tersebut.
6. Sunan, kitab ini mengumpulkan hadist hadist yang kemudian di susun sesuai dengan bab fikih. Kitab jenis ini memudahkan seseorang untuk mencari hadist dalam masalah fikih tertentu. Misalnya jika seseorang ingin mengetahui hadist yang berkaitan dengan sholat maka ia cukup mencari bab sholat, kemudian akan mendapatkan hadist hadist yang berkaitan dengan sholat. Contoh buku dalam jenis ini adalah Sunnan Tirmizi, Sunan Abu Dawud, Sunan An Nasai dan lain lain.
7. Mustakhrajat, kitab jenis memuat hadist hadist yang telah ada di kitab lain, namun sang penulis memasukkan hadist tersebut ke dalam bukunya dengan jalur sanad yang ia dapatkan. Seperti Kitab Mustakhrajat Ala Shahih Al Bukhari karya Al Ismaily, kitab ini memuat hadist yang ada di kitab Shahih Al Bukhari namun ia riwayatkan dengan jalur isnad yang ia punya.
Pembukuan (Penyusun) Hadîts Pada Periode Ketiga
1. Imâm Ahmad bin Hanbal rahimahullôhu (164-241H)
Karya beliau yang paling utama adalah Musnad Ahmad yang tersusun dari 30.000 hadits dalam 24 juz dan kebanyakan riwayat terdapat dalam buku ini. Imâm Ahmad rahimahullôhu tidak mengkategorisasikan bukunya menurut tema, namun beliau lebih cenderung mengkategorisasikannya menurut riwayat-riwayat sahabat berdasarkan nama-nama mereka yang meriwayatkan hadîts. Ulamâ` Mesir terkemuka, Muhaddits Muhammad Ahmad Syâkir mengambil tanggung jawab mengkategorisasikan buku ini berdasarkan tema dan sejauh ini beliau telah mencetak 15 jilid dan pekerjaan beliau masih berlangsung hingga kini.
2. Imâm Muhammad bin Ismâ’îl al-Bukhârî rahimahullôhu (194-246H)
Shahîh al-Bukhârî adalah karya utama Imâm Bukhârî. Judul lengkap buku beliau ini adalah Al-Jâmi’ ash-Shahîh al-Musnad al-Mukhtashor min Umūri Rasūlillâh Shallâllâhu ’alayhi wa Sallam wa Ayyâmihi. Beliau menghabiskan waktu selama 16 tahun untuk menyusun bukunya ini. Jumlah murid beliau yang membaca buku Shâhîh ini bersama beliau adalah sebanyak 90.000 orang. Terkadang, dalam satu kali pertemuan, yang menghadiri majlis beliau mencapai 30.000 orang. Standar penelitian Imâm Bukhârî terhadap hadîts adalah yang paling ketat dibandingkan ulamâ` hadîts lainnya,
3. Imâm Muslim bin Hajjâj al-Qushayrî rahimahullôhu (202-261H)
Imâm Ahmad bin Hanbal dan Imâm Bukhârî adalah termasuk diantara guru-guru beliau. Adapun Imâm at-Tirmidzî, Abū Hâtim ar-Râzî dan Abū Bakr bin Khuzaimah termasuk murid-murid beliau. Buku beliau memiliki derajat tertinggi di dalam pengkategorisasian (tabwîb)
4. Abū Dâwud Asy’âts bin Sulaymân as-Sijistânî rahimahullôhu (204-275H)
Karya utama beliau dikenal dengan sebutan Sunan Abî Dâwud. Buku beliau ini, utamanya menggabungkan antara riwayat-riwayat yang berkaitan dengan ahkâm dengan ringkasan (kompendium) permasalah fiqh yang berkaitan dengan hukum. Bukunya tersusun dari 4.800 hadits.
5. Imâm Abū Ỉsâ at-Tirmidzî rahimahullôhu (209-279H)
Buku beliau, Jâmi’ at-Tirmidzî menyebutkan seputar permasalah fiqh dengan penjelasan yang terperinci.
6. Imâm Ahmad bin Syu’aib an-Nasâ`î rahimahullôhu (w.303H)
Buku beliau bernama Sunan al-Mujtabâ. Buku beliau lainnya adalah as-Sunan al-Kubrâ, dimana beberapa bagiannya telah dicetak di Bombay oleh Maulânâ ‘Abdush Shomad al-Kâtibî.
7. Imâm Muhammad bin Yazîd bin Mâjah al-Qazdiânî rahimahullôhu (w.273H)
Buku beliau dikenal dengan sebutan Sunan Ibnu Mâjah.
Selain buku-buku diatas, banyak buku lainnya lagi yang telah dihimpun dan dicetak yang tidak dapat kita sebutkan di sini semuanya secara mendetail. Buku Bukhâri, Muslim dan Timidzî disebut dengan Jâmi’, disebabkan buku mereka mengandung masalah ’Aqô`id, ’ibâdah, akhlâq, khobar dan lainnya. Adapun buku Abū Dâwud, an-Nasâ’î dan Ibnu Mâjah disebut dengan Sunan, karena buku-buku ini mengandung hadits yang menyinggung masalah duniawi (mu’amalah).
Thobaqôt (Tingkatan) Buku-Buku Hadîts
1. Berdasarkan landasan dan istilah hadîts serta keterpercayaan para perawinya, Muwaththo’ Imâm Mâlik, Shahîh al-Bukhârî dan Shahîh Muslim, memiliki derajat tingkatan tertinggi.
2. Abū Dâwud, at-Tirmidzî dan an-Nasâ`î, keterpercayaan para perawinya di bawah kategori pertama, namun mereka masih dianggap dan dipercaya. Kategori ini juga mencakup Musnad Ahmad.
3. Ad-Dârimî (w.225H), Ibnu Mâjah, al-Baihâqî, ad-Dâruquthnî (w.358H). buku-buku ath-Thabrânî (w.360H), buku-buku ath-Thohâwî (w.321H), Musnad Imâm asy-Syâfi’î dan Mustadrak al-Hâkim (w.405H), buku-buku ini mengandung semua macam hadîts, baik yang shahîh maupun yang dha’îf.
4. Buku-buku Ibnu Jarîr ath-Thobarî (w.310H), buku-buku al-Khathîb al-Baghdâdî (w.463H), Abu Nu’aim (w.403H), Ibnu ’Asâkir (w.571H), ad-Daylâmî (w.509H) penulis Firdaus, al-Kâmil karya Ibnu ’Adî (w.35H), buku-buku Ibnu Marūdîyah (w.410H), al-Wâqidî (w.207H) dan buku-buku lainnya yang termasuk dalam kategori ini. Kesemua buku-buku ini adalah himpunan riwayat yang mengandung riwayat-riwayat palsu (maudhū’). Sekiranya buku-buku ini diteliti, niscaya akan banyak faidah yang dapat diperoleh.
Periode KeEmpat
Periode ini, dimulai dari abad kelima hijrîyah sampai hari ini. Karya-karya yang telah dihasilkan pada periode ini antara lain:
1. Penjelasan (Syarh), catatan kaki (hasyiah) dan penterjemahan buku-buku hadîts ke dalam berbagai bahasa.
2. Lebih banyak buku-buku dalam ilmu hadîts yang disebutkan, disyarh dan diringkas.
3. Para ’ulamâ`, dengan kecerdasan dan didorong kebutuhan mereka terhadap ilmu hadîts, menyusun buku-buku hadîts yang dicuplik dari buku-buku yang telah ditulis dan disusun pada abad ketiga. Diantaranya adalah :
• Misykâtus Mashâbih karya Walîyuddîn Khathîb.
Di dalam buku ini, riwayat-riwayatnya disusun berdasarkan masalah ’aqîdah, ’ibâdah, mu’amâlah dan akhlâq.
• Riyâdhush Shâlihîn33 karya Imâm Abū Zakâriyâ Yahyâ bin Syarf an-Nawawî (w.676H), pensyarah kitab Shâhîh Muslim Buku ini menghimpun masalah akhlâq dan âdab secara umum. Tiap temanya senantiasa diawali dengan ayat-ayat al-Qur`ân yang berkaitan dengan tema. Hal ini merupakan ciri utama buku ini, dan metode ini pula yang ditempuh di dalam Shâhîh al-Bukhârî.
• Muntaqâ al-Akhbâr karya Mujaddid ad-Dîn Abūl Barakât ’Abdus Salâm bin Taimîyah (w.652H).
Beliau adalah kakek dari Syaikhul Islâm Taqîyuddîn Ahmad bin Taimîyah (w.728H). Qâdhî asy-Syaukânî menulis sebuah syarh buku ini dalam 8 jilid, yang berjudul Nailul Awthâr.
• Bulūghul Marâm karya Ibnu Hajar al-Asqolânî (w.852H), pensyarah kitab Shâhîh al-Bukhârî.
Buku ini, utamanya tersusun atas hadîts-hadîts yang berkaitan dengan ‘ibâdah dan mu’âmalah.
Syarh (penjelasan) buku ini dilakukan oleh Muhammad Ismâ’îl ash-Shon’anî (w.1182H) di dalam buku beliau yang berjudul Subulus Salâm Syarh Bulūghil Marâm.
Adalagi syarh dalam bahasa Farsî (Persia) yang ditulis oleh Syaikh Nawwâb Shiddîq Hasan Khân al-Bupâlî (w.1307) yang berjudul Masâkul Khatâm Syarh Bulūghil Marâm. Buku ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Urdu.
’Ulūmul Hadîts (Ilmu-Ilmu Hadits)
1. Asmâ`ur Rijâl
Pada ilmu ini, keadaan, lahir, wafat, guru dan murid-murid perawi dikumpulkan dan dihimpun secara terperinci, dan berdasarkan perincian perawi ini, seorang perawi dapat dinilai akan sifat shidq (kejujuran), tsiqqoh (kredibilitas) atau ketidak-tsiqqoh-annya. Ilmu ini sangat menarik. Perincian sebanyak lebih dari 500.000 perawi telah disusun.
Banyak buku telah ditulis di dalam bidang ilmu ini, diantaranya adalah :
• Tahdzîbul Kamâl karya Imâm Yūsuf al-Mizzî (w. 742H), salah satu buku terpenting dalam ilmu ini.
• Tahdzîbut Tahdzîb karya al-Hâfizh Ibnu Hajar. Beliau juga menulis syarh (penjelasan) Shahîh Bukhârî dalam 12 jilid dengan judul Fathul Bârî Syarh Shâhihil Bukhârî.
• Tadzkirâtul Huffâzh karya al-’Allâmah adz-Dzahabî (w.748H).
2. ’Ilmu Mushtholâhul Hadîts (’Ushūlul Hadîts)
Dengan arahan ilmu inilah, standar dan hukum hadits serta keshahihan dan kedha’ifan suatu hadîts dapat ditegakkan.
Buku yang terkenal di dalam bidang ini adalah :
• ’Ulūmul Hadîts al-Ma’rūf bi Muqoddimati Ibni ash-Sholâh22 oleh Abū ’Ammar ’Utsmân ibn ash-Sholâh (w.557H).
• Taujîhun Nazhor karya al-’Allâmah Thâhir bin Shâlih al-Jazâ’irî (w. 1338H).
• Qowâ’idut Tahdîts karya al-’Allâmah Sayyid Jamâluddîn al-Qâshimî (w.1332H).
3. ’Ilmu Ghorîbul Hadîts
Di dalam ilmu ini, kata-kata dan makna yang sulit diteliti dan dipelajari.23 Diantara buku dalam ilmu ini adalah :
• Al-Fâ`iq karya az-Zamakhsyârî.
• An-Nihâyah karya al-Ma’rūf Ibnu ’Atsîr.
4. ’Ilmu Takhrîjul Hadîts
Dari ilmu ini kita dapat menemukan dimana (sumber) suatu hadîts yang berkaitan dengan ilmu tertentu yang banyak ditemukan dari buku-buku tafsîr, ’aqîdah ataupun fiqh, seperti :
• Al-Hidâyah karya Burhânuddîn ’Alî bin Abî Bakr al-Marghânî (w.592H).
• Ihyâ` ’Ulūmuddîn karya Abū Hâmid al-Ghozâlî (w.505H).
Kedua buku di atas ini, memiliki banyak riwayat tanpa isnâd atau sumber. Apabila seseorang ingin mengetahui derajat atau sumber hadits pada kedua buku ini dari buku hadîts terkenal, maka buku-buku pertama yang bisa dirujuk adalah :
• Nashbur Râyah karya al-Hâfizh Zailâ’î (w. 792)
• Kitâbud Dirôyah karya al-Hâfizh Ibnu Hajar al-Asqolânî (w.852H)
• Al-Mughnî ’an Hamlil Ashfâr karya al-Hâfizh Zainuddîn al-Irâqî (w.806H).
5. ’Ilmu al-Hadîts al-Maudhū’ah
Dalam ilmu ini, ahli ilmu menuliskan sebuah buku khusus, dimana mereka memisahkan antara hadîts maudhū’ (palsu) dengan hadîts shahîh. Diantara buku terbaik yang terkenal dalam masalah ini adalah :
• Fawâ`id al-Majmū’ah karya al-Qôdhi asy-Syaukânî (w.1255H).
• ‘Ilalul Masnū’ah karya Jalâluddîn as-Suyūthî (w.911H).
• Silsilah Hadits Dhaif dan Maudhu karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani (w.1420H)
• Silsilah Shahih karya Syaikh Muhammad Nashiruddin al Albani (w.1420H)
6. ’Ilmu Nâsikh wal Mansūkh
Di dalam ilmu ini, salah satu karya terkenal adalah Kitâbul I’tibâr karya Muhammad Mūsâ al-Hâzimî (w.784H pada usia 35 tahun).
7. ’Ilmu at-Taufîq Baynal Hadîts
Di dalam ilmu ini, hadits shahîhah yang saling kontradiktif (tanâqudh) satu dengan lainnya, dibahas dan diselesaikan.
• Imâm asy-Syâfi’î (w.204H) adalah orang pertama yang membicarakan ilmu ini di dalam buku beliau ar-Risâlah, yang
dikenal dengan ilmu Mukhtaliful Hadîts.
• Karya Imâm ath-Thohawî (w.321), Musykilul Ậtsâr juga merupakan buku yang bermanfaat.
8. ’Ilmu Mukhtalif wal Mu’talaf
Ilmu ini menyebutkan nama-nama perawi, kunyah (julukan), gelar, orang tua, ayah atau guru mereka, yang sama/mirip antara perawi satu dengan yang lainnya, sehingga seorang peneliti dapat melakukan kesalahan karenanya.
• Buku Ibnu Hajar (w.852H) yang berjudul Ta’bîrul Munabbih adalah salah satu contoh utama dalam ilmu ini.
9. ’Ilmu Athrôful Hadîts
Ilmu ini memudahkan untuk mencari sebuah riwayat dan buku hadîts serta para perawinya dapat ditemukan di dalam ilmu ini. Sebagai contoh, penggalan pertama hadîts : ”Sesungguhnya setiap ’amal itu tergantung niatnya…”, apabila anda ingin mendapatkan semua kata pada hadîts tersebut sekaligus perawinya, maka anda perlu merujuk pada ilmu ini dan buku-buku yang ditulis dalam bidang ilmu ini, seperti :
• Kitâb Tuhfatul Asyrâf karya al-Hâfizh al-Muzannî (w.742H). Buku ini mengandung daftar seluruh hadits di dalam kutubus sittah (kitab induk hadîts yang enam). Al-Muzannî menghabiskan waktu selama 26 tahun untuk karyanya ini yang melibatkan pengkategorisasian yang melelahkan. Setelah upaya yang besar ini akhirnya buku beliau ini dapat diselesaikan.
10. Fiqhul Hadîts
Di dalam ilmu ini, semua hadîts shahîh yang berkaitan dengan ahkâm dan perintah dikumpulkan. Di dalam bidang ilmu ini, buku-buku yang dapat diambil faidahnya adalah :
• I’lâmul Muwaqqi’în karya Syaikhul Islâm Ibnu Qoyyim al-Jauzîyah (w.751).
• Hujjatullâh al-Balîghah karya Syah Walîyullâh ad-Dihlâwî (w.1176).
Selain itu, ada juga buku-buku yang ditulis berkenaan dengan permasalahan dan topik lainnya, seperti misalnya dalam bidang harta:
• Kitâbul Amwâl yang terkenal, karya Abū ’Ubaid Qâsim bin Sallâm (w.224H).
• Kitâbul Akhrâj karya Qâdhî Abū Yūsuf (w.182H).
Bagi mereka para pengingkar hadîts (inkârus sunnah), maka mereka adalah sasaran dari pemahaman yang bâthil. Bagi mereka buku-buku di bawah ini bisa memberikan faidah, apabila mereka mau menelaahnya :
• Kitâbul Umm karya Imâm asy-Syâfi’î (w.204H), juz VII.
• Ar-Risâlah karya Imâm asy-Syâfi’î (w.204H).
• Al-Muwâfaqât karya Imâm Abū Ishâq asy-Syâthibî (w.790), juz IV.
• Ash-Showâ`iqul Mursalah karya Ibnu Qoyyim al-Jauzîyah (w.751), juz II dan
• Al-Ahkâm karya Ibnu Hazm al-Andalūsî (w.456H).
Juga buku di bawah ini yang berbahasa Urdu :
• Muqoddimah Tarjamânus Sunnah karya Maulânâ Badrul Ậlam Mîrthî dan
• Itsbâtul Khabar karya ayahku, Maulânâ ’Abdus Sattâr Hasan al-Amrifūrî (Amrpoor) (w.1916M/ 1324H pada usia 34 tahun)
Untuk buku yang berkenaan dengan sejarah ilmu hadîts, maka buku-buku di bawah ini memiliki kedudukan tersendiri :
• Muqoddimah Fathul Bârî karya Ibnu Hajar al-Asqolânî (w.852H).
• Jâmi’ Bayaânil ’Ilmi karya Hâfizh Ibnu ’Abdil Barr al-Andâlūsî (w.463H).
• Ma’rifatu ’Ulūmil Hadîts karya Imam Hâkim (an-Naisâburî) (w.405H) dan
• Muqoddimah Tuhfatul Ahwadzî Syarh Sunan at-Tirmidzî karya ’Abdurrahmân al-Mubârokfūrî (w.1353H/1935M).
Di zaman kami, buku ini dari sisi kekomprehensivitasan dan isinya, tidak ada bandingannya.
Sumber : 1. Pengantar Sejarah Tadwin Hadits oleh Syaikh ‘Abdul Ghaffar ar-Rehmany
2. Sumber yang lainnya.